Tokyo Metro 16000 merupakan rangkaian KRL yang dirakit oleh perusahaan Hitachi Co. Ltd. untuk menggantikan Tokyo Metro seri 6000 di jalur Chiyoda yang akan habis masa operasinya. KRL ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan KRL seri 10000 dan 15000 yang beroperasi di jalur Fukutoshin dan Tozai Line, dengan konsep Hitachi A-Trains.
Set pertama dari KRL ini, yaitu seri 16101F, akan dioperasikan antara stasiun Yoyogi-uehara dan Ayase, yang mana KRL ini berpangkal di dipo induk Ayase yang juga menjadi tempat berpangkal KRL Tokyo Metro seri 06 dan 6000. Dari pabrik Kawasaki di Kudamatsu, KRL ini dikirim ke dipo Ayase dengan lokomotif listrik EF 66 110 dengan kondisi sudah dirangkai menjadi 1 set rangkaian.
Foto KRL Tokyo Metro 16000:
Perkiraan spesifikasi KRL Tokyo Metro 16000:
1. Formasi/編成   : 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度   : 3,3   km/h/s 
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度   : 
 - Jalur   Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
 - Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h 
 - Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100   km/h 
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度   : 110   km/h 
5. Perlambatan/減速度   : 
 - 3,5   km/h/s (biasa/常用最大)
 - 5,0 km/h/s (darurat/非常) 
6. Kapasitas per kereta/車両定員   : 
 - Ujung/先頭車:   143 orang/人 (38 tempat duduk/座席) 
 - Tengah/中間車: 154 orang/人 (44 tempat duduk/座席) 
 - Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 155 orang/人 (42     tempat duduk/座席) 
7. Kapasitas rangkaian/編成定員   : 1520   orang/人 (+/- 428 tempat duduk/座席) 
8. Panjang kereta/全長   : 
 - Ujung/先頭車:   20.520 mm (20,52 m) 
 - Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m) 
9. Lebar kereta/全幅   : 2.800   mm (2,8 m) 
10. Tinggi kereta/全高   : 4.022   mm 
 - Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.080 mm 
11. Massa per kereta/車両質量   : 24,1   - 34,0 ton 
12. Massa   total rangkaian/編成質量   : 294,3   ton 
13. Lebar rel/軌間   : 1.067   mm 
14. Mode kelistrikan/電気方式   : 1.500   V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Keluaran daya/編成出力   : 4.500   kW 
16. Gear ratio/歯車比   : 109:14   (7,79) 
17. Pengendali/制御装置   : VVVF-IGBT   Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御 
18. Drive   unit/駆動装置   : Gardan   paralel WN/WN平行カルダン 
19. Bogie/台車   : FS-779 
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式   : ATC   dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気   指令式空気ブレーキ         
21. Sistem keamanan/保安装置   : CS-ATC   (model 10), Odakyu OM-ATS 
22. Pabrik/製造工場: Hitachi Co.   Ltd./日立製作所
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 16000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
 
Bukan Hitachi, tapi Kawasaki..... Keluarnya bukan dari kudamatsu....
BalasHapus